Sejarah & Filosofi Etos Kerja

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah Mitra Anggota SiRaA ini didirikan pada tanggal 30 MEI 2009 dengan modal awal Rp. 600,000 yang berasal dari SIMPANAN ANGGOTA yang mayoritas adalah PETANI.
Adapun wilayah keanggotaan Koperasi MITRA ANGGOTA SiRaA meliputi seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan dapat mendirikan serta membuka kantor cabang, kantor cabang pembantu  dan  kantor kas baik di dalam negeri maupun di  negara lain sesuai kebutuhan dan kemampuan atas keputusan Rapat Anggota.
KSP-PS  Mitra  Anggota  SiRaA  yang  berlandaskan  Pancasila  dan  Undang-Undang  Dasar 1945; Serta Al Quran dan Al-Hadits ini juga berdasar atas asas kekeluargaan.
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, kami berdasarkan Prinsip Syariah yaitu Dilaksanakannya  dengan  SHIDIQ  (Benar),  AMANAH  (Jujur),TABLIGH  (Disampaikan dengan Baik), FATHONAH (Dipercaya), ITQAN (Profesional), TA’AWUN (Saling Menolong) dan MASLAHAH (Kemanfaatan); danTerhindar dari unsur-unsur MAYSIR (Perjudian), TADLIS (Penipuan),GHARAR (Ketidakpastian), RIBA,ZHULM (Penganiayaan), RISYWAH (Suap), Barang dan Jasa yang Haram dan/atau Maksiat.
Sebagai Koperasi, kami dalam melakukan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi yaitu:
  1. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka;
  2. Pengelolaan dilakukan secara demokratis;
  3. pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masinganggota;
  4. pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal;
  5. kemandirian;
  6. pendidikan perkoperasian;
  7. kerjasama antar koperasi.
Prinsip tersebut menjadi sumber inspirasi dan menjiwai secara  keseluruhan organisasi dan kegiatan usaha koperasi sesuai  dengan maksud dan tujuan pendiriannya. Perlu diketahui bahwa:
  • Anggota Koperasi SiRaA merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa Simpan Pinjam dan Pembiayaan.
  • Keanggotaan koperasi SiRaA tidak dapat dipindahtangankan.
  • Pengertian keanggotaan sebagaimana diatas termasuk para pendiri;
Adapun Persyaratan untuk diterima menjadi anggota sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia ;
  2. Mempunyai kemampuan penuh untuk melakukan tindakan hukum(dewasa dan tidak dalam perwalian dan sebagainya);
  3. Bertempat tinggal di Negara Republik Indonesia;
  4. Telah menyatakan  kesanggupan  tertulis  untuk  melunasi  simpanan  pokok  dan simpanan wajib yang besarnya berdasarkan hasil Keputusan Rapat Anggota;
  5. Telah menyetujui isi Anggaran Dasar dan ketentuan yang berlaku.
Keanggotaan   Koperasi   diperoleh   jika  seluruh   persyaratan   telah   dipenuhi, simpanan pokok telah dilunasi dan yang bersangkutan didaftar dan telah menandatangani Buku Daftar Anggota.